Rabu, 09 Januari 2008

Wifi SOHO Installation

Berbicara mengenai Wireleess Fidely atau yang disingkat dengan Wifi bukanlah hal yang baru dan tentunya sudah banyak referensi dan pengetahuan tentang hal ini.tapi ga da salahnya klo kita bahas sedikit tentang jaringan Wifi untuk kantor atau rumahan hanya membutuhkan beberapa klien dan perangkat seperlunya. sehingga tentunya akan mengurangi biaya tambahan dan lebih pastinya gak Gaptek banget.
Seperti yang Saya lakukan pada sebuah sekolah pelayaran yang ada disalah satu SMKP yang ada diKota Makassar. Sekolah ini telah banyak menciptakan pelaut-pelaut yang handal yang telah bekerja diberbagai perusahaan pelayaran baik domestik maupun international. Ini tidak lain dikarenakan Visi dan Misi Sekolah tersebut yang memang ingin menciptakan pelaut yang ulung seperti slogan "Tanpa Pelaut Dermaga Takkan Ada".
kita cermati tentu sangat miris ketika sebuah sekolah yang cukup sederhana dari sisi bangunannya tapi memiliki tekhnology yang bisa dikatakan cukup signifikan diantara sekolah-sekolah yang ada. Hanya dengan membutuhkan beberapa perangkat seperti Acces Point yang saya pasang, tentu hanya dengan berbekal peralatan yang ekonomis maka kita dapat dengan mudah membangun jaringan Wifi.

Dan tentunya kita tidak dihadapakan dengan proses instalasi yang sangat rumit.karena Acces Point memang dirancang dengan sistem user friendly. Disekolah yang bernama SMK Pelayaran Baruna Jaya yang berada di salah satu kabupaten diSulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Bone adalah merupakan Sekolah yang pertama mengunakan jaringan yang berbasis Wirelees. Dengan mengunakan fasilitas bantuan dari Telkom melalui Program Internet Go To School maka dengan itulah pengembangan akses internet dapat tersharing di sekolah ini. dengan memiliki 4 PC Client ditambah 1 Buah Laptop, maka dengan ini lah para Taruna dan Taruni tersebut dapat belajar dan mencari pengetahuan yang sesuai dengan pembelajarannya disekolah melalui internet. Dan tak dapat dipungkiri bahwa dengan merambahnya tekhnologi kesekolah-sekolah maka ini merupakan peluang yang sangat besar bagi sekolah untuk meningkatkan kualita anak didiknya dalam mengahadapi kompetensi yang sangat besar dalam dunia kerja.
Disetiap client terpasang adapter Linksys USB54G yang mempunyai daya transfer 54 kbps,maka setiap client dapat mengakses data-data sharing disetiap client.tentu ini sangat membantu kinerja para pengajar dan anak didiknya dalam mengembangkan pengetahuan dibidangnya dengan berbasiskan tekhnology.jaringan ini selain berfungsi untuk kebutuhan para pengajar, juga berfungsi sebagai laboratorium untuk para siswanya.dan tentunya disetiap jaringan harus memiliki tingkat pengamanan yang tangguh untuk menghindari adanya intruder yang akan menganggu jaringan. Jaringan yang terpasang disekolah ini bersifat open, dalam artian disediakan sebuah data yang sengaja dipublikasikan untuk mengetahui sekelumit tentang sekolah ini.sehingga cukup dikita berada diarea sekolah maka cukup dengan perangkat Wifi yang telah terpasang maka dengan mudah anda dapat mengakses data-data seputar profil sekolah ini. Dengan ini maka setiap siswa maupun para pendidik dapat bekerja dan belajar dengan nyaman.karena dengan hanya dengan mengunakan salah satu pc maka para guru dapat lansung memeriksa tugas siswanya yang sedang on-line dengan menggunakan Remote Connection.dan melalui fasilitas VOIP maka pihak sekolah dapat berkomunikasi dengan Relasi sekolah yang ada dikota makassar dengan menggunakan Video Voice.
Memang kalo diliat dari konsep pembangunan jaringan tentu sangat jauh dari sebuah kesempurnaan.tapi hanya dengan ini sekolah tersebut telah mampu mengembangkan pengetahuan para pendidik dan anak didiknya dalam mengembangkan pengetahuanya terutama dalam bidang kemaritiman yang berbasis tekhnologi komputerisasi.

Tidak ada komentar:

Menurut Anda Apakah Blog Ini dapat Memberikan Informasi Buat Anda..?